Tulungagung Anak Seniman

suatu saat pasti aku bisa meraih impianku










CAPE CANAVERAL, RABU - Panel LCD di Kennedy Space Center, Florida AS mulai menghitung mundur peluncuran Endeavour. Pesawat ulang alik milik badan antariksa AS (NASA) itu dijadwalkan meluncur Sabtu (15/11) pukul 19.55 waktu setempat atau Minggu (16/11) pukul 07.55 WIB.

Pada misi kali ini, tujuh orang astronot yang dikirim akan melanjutkan proses pembangunan stasiun antariksa internasional (ISS). Selama 15 hari, mereka akan mengatur ulang ruangan di ISS agar cukup dihuni lebih dari 3 orang saja seperti selama ini.

Untuk itu, Endeavour membawa sistem pengolah air bersih tamabhan senilai 250 juta dollar AS yang dapat menyaring cairan urin dan sampah cair menjadi air siap minum. Selain itu, juga dibawa 2 tempat tidur dan sebuah ruang toilet baru.

"Keluarga kami di antariksa bertambah. Memastikan kamar mandi baru menjadi sangat penting," ujar Joe Delai, manajer pengisian kargo Endeavour. Saat pembangunan rampung tahun 2010, ISS disiapkan gara dapat dihuni 6 orang.

Endeavour juga akan membawa astronot Sandra Magnus yang akan bertugas di ISS selama 6 bulan. Magnus akan menggantikan tugas Gregory Chamitoff yang telah berada di ISS sejak Juni lalu. Chamitoff akan pulang bersama 6 awak Endeavour lainnya.

Peluncuran Endeavour sebelumnya direncanakan akan dilakukan setelah peluncuran pesawat ulang alik Atlantis yang dikirim untuk memperbaiki teleskop ruang angkasa Hubble. Namun, masalah teknis menyebabkan Atlantis ditunda hingga tahun depan.

0 komentar:

Posting Komentar