Tulungagung Anak Seniman

suatu saat pasti aku bisa meraih impianku

20.17

SPACE WALK









CAPE CANAVERAL, RABU - Dua astronot melangkah ke luar stasiun ruang antariksa internasional (spacewalk) untuk melakukan pembersihan dan melubrikasi engsel pemutar panel surya. Astronot Heidemarie Stefanyshyn-Piper dan Stephen Bowen yang dilengkapi peralatan pelumas berencana membersihkan karat yang mengakibatkan kemacetan gerak engsel pemutar panel surya.

Ini merupakan bagian misi pertama dari 4 spacewalk dalam kunjungan pesawat ulang-alik ruang angkasa Endeavour selama 2 pekan di stasiun ruang antariksa internasional, ISS.
"Ayo, kita keluar," ajak Stefanyshyn-Piper, perempuan pertama yang memimpin spacewalk dari sebuah penerbangan ulang-alik antariksa, ke rekannya, Stephen Bowen.

Selama lebih dari setahun, engsel pemutar ini tak mampu secara otomatis menggerakkan sayap kanan panel surya ke arah matahari untuk produksi energi secara maksimum. Proses perbaikan secara intensif ini diperkirakan akan menyita hampir seluruh dari 4 agenda spacewalk.

Saat spacewalk berlangsung, para astronot di dalam Endeavour yang docking dengan ISS mulai mengeluarkan perlengkapan dari dalam bagasi raksasa yang diangkut oleh pesawat ulang-alik ruang angkasa itu. Peralatan besar yang dikeluarkan dari bagasi Endeavour adalah sebuah sistem daur ulang yang dapat mengubah urin dan keringat astronot menjadi air minum. Sistem daur ulang ini diperlukan apabila NASA ingin menggandakan jumlah awaknya di ISS pada Juni tahun depan.

0 komentar:

Posting Komentar